Senin, 08 November 2010

PTI Williams/Sawyer Textbook Edisi 7 Bab 5

1. Pembelajaran Tahap 1 (mengisi titik-titik (soal 15), pilihan ganda (soal 1-9), dan benar/salah (soal 1-10))

Titik2:

1. Dumb

2. Impact & non impact

3. ergonomi

4. mouse

5. output

6. biometric

7. cathode-ray tube

8. liquid crystal display

9. page description language

10. video conference

11.aktif, pasif

12. carpal tunnel syndrome

13. Dpi, dot per inch

14. printer impact

15. printer laser

PG

1.C

2.E

3.E

4.D

5.B

B/S

1.B

2.B

3.S

4.S

5.B

6.B

7.S

8.S

9.S

10.S

2. Pembelajaran Tahap 2 (soal no.1-14)

1. mengakses computer mainframe

2. dot pich, resolution, kedalaman warna, refresh rate.

3. Bisa memudahkan data yang kompleks, bisa diproses di computer

4. Membuat data bisa di baca oleh mesin pada media magnetic, kertas, atau mengarahkannya langsung ke prosesor computer.

5. Picture element, adalah unit terkecil pada layar yang dapat dibuat on dan off atau memiliki tingkat kegelapan berbeda.

6. RSI: sakit akibat penggunaan berulang, sengkan CTS kondisi lemah yang di akibatkan oleh tekanan syaraf tengah pada pergelangan tengan sehingga memunculkan sakit pada jaringan syaraf dan tendon tangan.

7. Kumpulan dari kode-kode biner yang di kenali oleh manusia sebagi huruf(karakter)

8. Printer terbagi 2 yaitu printer impact & non impact. Printer impact membentuk karakteristik tertentu. Sedangkan printer non-impact lebih cepat dan lebih tenang karena tidak menekan kertas dengan head seperti printer impact. contoh nya printer laser, mencetak gambar sebagai kumpulan dot, printer ini berfungsi dengan dukungan software description language(PDL). Printer inkjet, menebar tinta yang di aliri aliran listrik dari 4 nozzle dalam bentuk metrics berkecepatan tinggi ke atas kertas. Printer termalprinter beresolusi rendah yang menggunakan kertas khusus yang bisa lebih gelap jika terkena panas. printer termal transfer-wax adlah jenis printer yang berbasis was ke atas kertas. Printer foto, adalah mesin khusus untuk mencetak foto berukuran tertentu, dangan menggunakan kertas khusus yang bisa di warnai dan pita khusus berwarna transparan.

9. CRT: cathode-ray tube: tabung hampa yang digunakan sebagai layar computer atau terminal video.LCD: liquid crystal display: monitor layar datar di mana molekul Kristal cair tersusun sedemikian rupa sehingga atribut optiknya berubah.

10.OCR: optical character recognition, teknologi perangkat lunak yang mengubah text yang sudah di scan(pindai) dari gambar menjadi text yang bisa di edit.

3. Pembelajaran Tahap 3 (Pengetahuan Praktis soal no.4 dan no.5; Latihan web no.2)

Pengetahuan praktis

4. CTR: cathode-ray tube: tabung hampa yang digunakan sebagai layar computer atau terminal video.LCD: liquid crystal display: monitor layar datar di mana molekul Kristal cair tersusun sedemikian rupa sehingga atribut optiknya berubah. yang terbaik adalah monitor LCD karena lebih hemat tempat, minim radiasi.

PTI Williams/Sawyer Textbook Edisi 7 Bab 3

A.  Pembelajaran Tahap 1
a.  Mengisi titik-titik (soal 1-14)
 
1.  System
2.  Software application
3.  Multi tasking
4.  Defrag
5.  PC
6.  Booting
7.  Defragment
8.  Operating system
9.  User interface
10.Temporary
11.Software & hardware
12.Legal & terdaftar
13.Open source
14.Cold – warm
15.Pengolahkan data
16.Scrolling
17.Menghapus, menyisipkan dan mengganti tulisan, dan koreksi
18.sel
19.ikon
20.lisensi
21.alfabetis, numerik, geografis, dan lain-lain.
22.Desktop publishing
23.data angka atau rumus
24.word-wrap
25.default setting
26.public-domain
27.Perangkat lunak sistem
 
b.  Pilihan ganda (soal 1-6)
1.  E
2.  B
3.  C
4.  E(windows vista yang lebih baru windows 7 segera di rilis)
5.  A
6.  D
7.  B
8.  E
9.  B
10.B
11.C
 
c.  benar/salah (soal 1-7)
1.  B
2.  S
3.  S
4.  S
5.  S
6.  S
7.  S
8.  B
9.  B
10.S
11.B
12.B
13.S
14.S
15.B
16.B
 
 
B.  (Pembelajaran Tahap 2(soal no. 1-8)
 
 
1.  Booting: proses penempatan system operasi ke memori utama computer. Proses ini dikerjakan oleh program yang tersimpan secara permanen di rangkaian elektronik computer. Ketika anda menghidupkan computer, program bernama diagnostic routines memriksa memori utama, CPU, & komponen system lain nya untuk memastikan bahwa semuanya masih berfungsi normal, kemudian program yang disebut BIOS(basic input/output system) di tempatkan ke memori utama.
2.  Command-driven: kita harus mengetikan semua intruksi yang cukup rumit,sehungga menyulitkan user. Contoh: anda harus mengerikan copy a:\filename c:\
GUI: anda dapat menggunakan mouse & keyboard untuk memilih ikon serta perintah-perintah yang ada di menu. Hal ini lebih memudahkan user.
3.  Karena perangkat lunak system memungkinkan perangkat lunak aplikasi bisa berinteraksi dengan computer dan  membantu computer dalam mengelolah sumber daya internal & externalnya. Selain itu perangkat lunak system lah yang berinteraksi dengan hardware.
4.  Karena dengan adanya multitasking memungkinkan user untuk melakuka berbagai pekerjaan di computer disaat waktu yang bersamaan. Missal mendengarkan lagu sambil mengerjakan makalah.
5.  Device driver:program yang diperuntukan khusus bagi alat input dan output supaya bisa berkomunikasi dengan komponen  computer lainnya.
6.  Program utilitas:disebut juga service program, yaitu komponen system operasi untuk menjalankan tugas-tugas yang terkait dengan control dan alokasi sumberdaya computer.
7.  Platform: model prosesor dan system operasi yang digunakan sebagai basis sebuah computer. Biasa nya software dibuat untuk satu platform tidak akan bisa jalan dijalankan pada platform lain.
8.  3komponen dasar perangkat lunak system:
a. system operasi: komponen utama perangkat lunak system
b. device driver: untuk membantu computer mengontrol perangkat peripheral
c. program utilitas: untuk mendukung, memperluas, dan meningkatkan kapabilitas program computer yang telah ada
9.  Perangkat lunak open-source:adalah perangkat lunak gratis yg memungkinkan user untuk menedit nya sesuai keinginan nya sesuai perbaikan yg di sarankan.
10.  Defragmentasi: pengaturan kembali file2 yang sudah berantakan karena sering di perbaharui.
11.Embedded system: system elektronik yang menggunakan chin CPU, tetapi bukan work station serbaguna, kompputer desktop atau laptop. System kompuiter khusus sabagai bagian dari system atau mesin yang lebih besar.
12.A. program yang di gunakan untuk merencanakan dan menjadwalkan agar proyek tepat waktu
   B.program yang di gunakan untuk mendesain tampilan desktop
   c.program yang digunakan untuk menyimpan suatu data.
   d.program yang digunakan untuk membuat tabel.
   e.program yang memungkinkan unda untuk mengedit, membuat, memformat, mencetak dan menyimpan materi teks.
13.Presentasi grafis karena lebih gampang di mengerti selain itu juga lebih lengkap dibandingkan dengan grafik analitik.
14.Pop-up:berisi sederet perintah yang tampil “pop-up” di layar bagian mana saja ketika anda klik kanan mouse. Pull down:ketika mengklik mouse menu bar sekumpulan berintah puncul berderet ke bawah. Cascading: menggerakkan pointer ke salah satu perintah di pull-up menu akan menampilkan rangkaian menu baru berisi lebih banyak pilihan.
15.Impor: pengambilan data dari sumber lain kemudian mengubahnya dalam bentuk yang kompatibel dengan program yang sedang di jalankan. Ekspor: pengubah data ke dalam bentuk yang bisa di gunakan di program lain lalu ditransmisikan.
16.Hasil dari program menggambar berupa vector, yaitu gambar yang di buat dari rumus2 geometris, sedangkan mewarnai berupa bit-map, yaitu gamabr yang tersusun dari titik2kecil. Contoh dari program menggambar adalah corel draw, adobe illustrator, macromedia freehand, sedangkan mewarnai adalah adobe photoshop, corel photopaint.
17.Program CAD menyediakan dimensi gambar secara tepat dan bisa memosisikan elemen yang sedang di gambar, sehingga kemudian bisa di transfer ke program computer aided manufacturing(CAM).
18.Site license: perangkat lunak apat di gunakan pada seluruh computer di lokasi tertentu. Concurrent-use license: sejumlah salinan perangkat lunak dapat di gunakan pada waktu yang sama. Multiple-user license: membatasi jumlah orang yang bisa menggunakan perangkat lunak tersebut. Single-user license: hanya satu orang pengguna dalam waktu sama.
 
 
C.  Pembelajaran Tahap 3
a.  Pengetahuan Praktis soal no.3 dan no.4
 
3. setuju. Menurut saya OS masa depan hanya ada  satu dan bisa dipakai untuk semua kegiatan. Hal ini pasti memudahkan kita sebagi user dan juga para software developer.
 
4. mungkin sekarang liunux belum menjadi saingan yang berarti bagi Microsoft karena user nya belum sebanyak Microsoft. Sudah ada beberapa perusahaan di Indonesia yang menggunakan linux sebagai operating system-nya. Karena sifat linux yang open source sehingga user dapat mengedit sesuka hati maka linux bisa dipakai oleh semua orang.
 
b.  Latihan web no.3
3. ada yang menawarkan security patch, windows patch, ada juga patch office. Patch yang saya butuhkan adalah windows patch yang selalu di update.
 
 

Kamis, 04 November 2010

PTI Williams/Sawyer Textbook Edisi 7 Bab 2


A. Isian:

1. Mbps, kbps, mbps, & gbps

2. Cable modem

3. Satelit

4. ISP(internet service provider)

5. Window

6. Flaming

7. Web browser

8. Server

9. Protocol

10. Plug-ins

11. Spam

12. Bandwidth

13. URL

14. Cookies

15. Phishing

16. Key logger

B. Pilihan ganda:

1. B

2. C

3. D

4. C

5. E

6. E

7. B

8. E

9. E

10. A

11. B

12. B

C. Benar/salah:

1. B

2. S

3. S

4. S

5. S

6. S

7. B

8. S

9. B

10. S

D. Esay

1. Wi-fi, Cable modem, & DSL

2. Log on : membuat koneksi pasa computer remote

3. Net etiket adalah prilaku yang pantas ketika online. Karena net etiket membuat pengguna lain merasa nyaman, karena bersikap baik terhadap pengguna lain, tentu anda tidak ingin di ganggu dengan prilaku pengguna lain saat anda online, jadi patuhi lah net-etiket.

4. Bandwidth: jumlah data yang bias di kirim melalui jalur komunikasi dalam satuan tertentu.

5. Link=terhubung. Jadi saat anda membuka siatu dokumen anda bias tehubung ke dokumen lain yang mungkin bahkan tidak ada hubungan nya sama sekali dengan dokumen pertama yang anda buka.

6. DSL: Download cepat, selalu on, keamanan lebih terjamin, upload lebih cepat di bandingkan kabel, pengguna bias berbicara & mengirim data dalam waktu yang bersamaan. Lokasi harus dekat dengan sentral telepon, terbatasnya penyedia jasa internet, hanya dipakai oleh pengguna perorangan.

Modem kabel: cepet, selalu on, merupakan jenis koneksi broadband yang paling popular, dapat mendukung banyak pengguna, download lebih cepat dari pada DSL, dan kabel, pengguna bias berbicara di telpon dan mengirim data kabel dalam waktu yang bersamaan, kecepatan berkurang pada jam-jam sibuk, rentan disusupi oleh orang luar, terbatas nya pilihan penyedia jasa internet, tidak selalu tersedia jasa internet, tidak selalu tersedia untuk keperluan bisnis

7.

8. IMAP memiliki kapabilitas lebih luas dibandingkan POP3. IMAP juga bisa di digunakan untuk transfer data.

9. Protokol yang memungkinkan semua komputer menggunakan data yang ditransmisikan melalui internet yang menentukan jenis pemeriksaan kesalahan yang digunakan, metode kompresi data jika ada, bagaimana peranti pengirim memberi tanda bahwa ia telah selesai mengirim pesan dan bagaimana peranti penerima member tanda bahwa ia telah menerima pesan. TCP/IP membagi data sebuah pesan dalam bentuk paket-paket, yakni blok data terpanjang yang dapat ditransmisi pada internet. IP di pakai untuk mengirim paket melalui internet menuju tempat tujuan terakhir, sedangkan TCP digunakan untuk mengurutkan kembali paket paket yang sudah diterima.

10. ICANN didirikan untuk mengatur nama domain yang mudah dipahami manusia(human friendly) yaitu alamat yang berakhiran .com, .org, .net, dan lain-lain, sebagai pengganti alamat IP untuk mengidentifikasi jenis situs web. Lembaga ini membantu manusia untuk mengelola dan memahami situs web.

11. IP dynamic IP yang berubah setiap kali kita akan online, sedangkan IP statis adalah IP yang tetap setiap kali kita online. IP dynamic lebinh menguntungkan bagi ISP karena disaat kita tidak on line maka IP tersebut akan di oper ke user lain yang sedang online, sedangkan IP statis hanya di “paten” kan untuk 1 user, disaat kita online ato offline IP tersebut hanya milik kita seorang.

12. Blog: adalah singkatan dari web blog atau jurnal internet. Isi blog bisa berupa apa saja, biasanya blog berisi seperti diary, yang disetiap hari nya slalu di up date. Isi blog mencermin kan kepribadian dan sudut pandang sang blogger.

13. Internet adalah milik Dunia. Tak ada satu orang pun yang memiliki internet, bukan milik pemerintah amerika serikat, bukan milik suatu organisasi, bukan milik kelompok, Internet adalah milik kita semua.

14. Portal adalah sejenis getway yang berfungsi sebagai situs jangkar dan menyediakan berangam kumpulan layanan dan sumber daya, mall untuk belanja online, dukungan email, forum komunitas, berita, dan cuaca terbaru, bursa saham, informasi perjalanan, serta link-link ke kategori populer lainnya. Portal publik disebut juga sebagai mega-portal, contoh nya Yahoo!, MSN, Lycos, Google.

15. B2B commerce adalah penjualan atau pertukaran barang dan jasa secara elektronik dan langsung antar perusahaan sehingga bisa memangkas biaya perantara. Di perkirakan B2B akan berkembang melampaui e-commerce.

16. Spyware ada tiga macam yaitu:

a. Adware adalah salah satu jenis spyware yang melacak penjelajahan web atau pembelian online agar para penjual barang/jasa bisa mengirimi Anda pop-up dan iklan-iklan tak diundang.

b. Browser hijacker adalah yang bisa mengubah setting browser Anda tanpa sepengetahuan Anda dan acap kali mengubah halaman pertama browser kaku menggantinya dengan halaman web lain, search hijacker adalah yang mampu menghadang proses pencarian Anda pada mesin pencari sesungguhnya dan kemudian menampilkan hasil dari jasa pencarian palsu yang didesain sedemikian rupa sehingga hanya berisi situs-situs yang telah dikendalikan.

c. Key logger mampu merekam setiap karakter yang Anda ketik lalu mentransmisikan informasi tersebut kepada orang lain di internet sehingga membuka peluang bagi orang lain untuk mempelajari password Anda dan beragam informasi lain.

E. Pengetahuan Praktis

7. Menurut saya IM lebih memudahkan kita sebagai user dari pada email, Karen kita bisa langsung menyampaikan pesan kita di saat user lain sedang online, sedangkan e-mail yang kita kirim blm tentu langsung di buka. Dan lagi e-mail lebih memakan waktu dari pada IM. IM menbuat kita libih mudah saat ingin share files kita hanya perlu drag file ke IM kita, tidak seperti e-mail yang harus attachment.

10. Kita harus membuat computer kita aman terlebih dahulu, dengan meng-install antivirus, anti spywere, & lain sebagainya, tentu hal ini membuat computer kita lebih safe. Hal lain yang perlu di perhatikan adalah disaat kita membuka e-mail yang entah dari siapa, lebih baik men-delete nya langsung, karena bisa saja e-mail tersebut berisi spywere atau spam. Kita juga harus bersikap baik saat online dan tidak melanggar net-etiket. Inget kita harus berhati-hati juga sedang surfing di website, jika ad kecurigaan tentang suatu website yang tidak meyakinkan lebih baik langsung close, & jangan pernah lagi kembali ke site itu.

F. Latihan Web

1. Menurut saya situs web yang menggunakan multimedia paling efektif adalah you-tube(http://www.youtube.com). Tujuan situs ini adalah untuk melihat video yang yang telah dishare oleh user untuk user lain. Situs ini sangat ramai belakangan ini. Banyak user yang meng-upload di situs ini dan kemudian user lain melihat nya dan menberikan vote untuk isi video yang telah di upload. Situs yang boros akan multimedia menurut saya adalah friendster(http://www.friendster.com), karena banyak user yang menambahkan multimedia seperti game, lagu, video dan lain nya. Tentu ini sangat memberatkan bandwidth. Situs yang paling kering akan multimedia adalah google(http://www.google.com) situs yang powerful sebagai search-engine tapi kering akan muti media ini sangat mendukung sekali bagi kita yang ingin mencari data atau lainnya. Karena kering akan multimedia maka kita bisa mengakses nya dengan cepat.